Skip to main content

Berorganisasi di Dunia Perkuliahan

Berorganisasi merupakan kegiataan yang positif di dunia perkuliahan. Hal ini karena berorganisasi dapat menambah pengetahuan serta pengalaman dan memperluas lingkup sosial. Menurut saya, berorganisasi memang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman serta memperluas lingkup sosial. Dengan berorganisasi kita banyak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran langsung saat bekerja sama dengan anggota lain atau melakukan tugas dalam organisasi.
“Berorganisasi merupakan passion saya dan itu membantu saya dalam meningkatkan kerjasama tim, membangun relasi satu dengan yang lain, dimana akan sangat bermanfaat ketika saya memasuki dunia kerja.” Kata Yehezkiel pada (Detik news, 23 agustus 2017). Memang benar dengan berorganisasi kita bisa membangun relasi yang kuat antara sesama anggota, hal ini didasari sifat gotong royong dan kerjasama tim yang ada dalam asas organisasi. Oleh karena itu berorganisasi sangatlah penting di dalam dunia perkuliahan dan akan sangat bermanfaat saat memasuki dunia kerja.
“Mahasiswa aktif berorganisasi akan belajar untuk menjalankan banyak peran dan itulah dunia pascakuliah menuntut kita untuk menjalankan banyak peran,” kata Anies Baswedan (tribun-timur.com, 5 September 2016). Dunia pascakuliah memang menuntut kita untuk menjalankan banyak peran dan dengan ikut berorganisasi akan membantu kita belajar melakukan banyak peran di dalam proses menghadapi berbagai masalah saat menjalankan tugas organisasi.
Namun demikian, berdasarkan hasil wawancara, seorang mahasiswa bernama Gabriel Josse Afandi mahasiswa DKV Universitas Pembangunan Jaya, 22 November 2018 mengklaim bahwa, “Mengikuti sebuah organisasi sangat lah membosankan, membuang banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, mengikuti sebuah  organisasi tidaklah begitu penting di dunia perkuliahan.” Menanggapi hal tersebut, sebenarnya dengan mengikuti organisasi kita dapat mengisi waktu luang kita dengan kegiatan positif  dan organisasi dapat kita gunakan sebagai wadah kita menampung ide dan kreatifitas yg kita miliki.
            Jadi, aktif berorganisasi banyak memberikan manfaat dan dampak positif bagi mahasiswa yang mengikutinya. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan organisasi di dunia perkuliahan. Untuk meningkatkan kerja sama tim dan softskill mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Comments

Popular posts from this blog

 Tugas UTS untuk mata kuliah Isu Bisnis Internasional : Buatlah ringkasan tentang materi yang saudara presentasikan di kelas dalam maksimal 200 kata dengan dikaitkan dengan isu bisnis internasional terkini. Nama kelompok : - Anastasya Salsabila A (2018011018) - Dinda Ayu Hapsari (2018011027) Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya   Isu yang kami angkat adalah “Pengaruh faktor kebudayaan terhadap penerapan strategi memulai pelaksanaan bisnis internasional”. Setiap negara tentu memiliki budaya berkomunikasi dan sopan santun sehari-hari yang berbeda. Dalam kaitannya dengan bisnis internasional hal ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan pengusaha asing yang ingin berbisnis dinegara lain yang sering kali berbeda konsep, waktu, ruang dan tata caranya. Norma dan perilaku bisnis juga berlainan dari satu negara ke negara lain, berikut adalah contoh perbedaan perilaku bisnis di negara lain : Pengusaha arab biasa melakukan pembicaraan bisnis dengan rekan