Skip to main content

Indonesia Sebagai Destinasi Wisata

          Masyarakat millenium saat ini sudah menganggap liburan adalah salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Dalam setahun setidaknya mereka sudah merencanakan satu perjalanan liburan, contohnya pada masa libur akhir dan awal tahun. Biasanya bagi masyarakat yang mampu cenderung memilih destinasi mancanegara. Salah satu tujuan destinasi terbaik adalah Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pilihan wisata alam, banyaknya keragaman budaya yang bisa dipelajari dan keunikan lokal.
         Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki bentang alam yang luas dan kekayaan alam yang melimpah. Hal ini menyebabkan banyaknya pilihan wisata alam yang dapat dinikmati. Wisata alam terpopuler di Indonesia yaitu pantai dan gunung, contohnya adalah Pantai Kuta di Bali dan Gunung Bromo di Jawa Timur. Namun ada pula wisata alam lain yang patut dikunjungi seperti, wisata Goa Jepang dan Belanda di Bandung, wisata Hutan Mangrove di Jakarta, wisata Sungai Barito dengan pasar apungnya di Banjarmasin, dan masih banyak lagi. Walaupun di Indonesia terdapat banyak pilihan wisata alam hanya sebagian yang di ekspos sehingga sedikit orang yang mengetahuinya. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk lebih menonjolkan wisata-wisata alam yang belum dikenal oleh para wisatawan.
        Selain wisata alamnya Indonesia memiliki beragam kekayaan budaya yang bisa dipelajari. Setiap budaya yang ada memiliki ciri dan khasnya masing-masing. Hal ini sangat menarik minat wisatawan terutama mancanegara yang tertarik dengan budaya lokal atau budaya asli. Keragaman budaya tergantung pada wilayah yang ditempati, contohnya budaya Jawa yang tersebar di Pulau Jawa dan budaya Minang yang terdapat di Sumatra Barat. Keberagan budaya ini meliputi keberagaman suku dan ras, kesenian dan adat istiadat. Keberagaman budaya ini contohnya dapat kita lihat pada Suku Jawa dan Batak, kesenian Suku Jawa yaitu wayang sedangkan Suku Batak memiliki Tari Tortor.
            Beriringan dengan keberagaman Budaya Indonesia juga mempunyai keunikan lokal. Beragam keunikan lokal ada di Indonesia antara lain, pada tradisi dan masyarakatnya. Keunikan lokal pada tradisi ada berbagai macam yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Salah satunya Ritual tiwah dari kalimantan Tengah, tradisi ini merupakan tradisi khusus yang dilakukan untuk orang yang sudah meninggal. Upacara Tiwah ini dilakukan oleh Suku Dayak untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung. Ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Le Wu Tatau atau surga. Dan juga keunikan lokal masyarakatnya adalah murah senyum, tak semua negara di dunia memiliki keramah-tamahan untuk selalu tersenyum kepada siapa saja.
            Agaknya jelaslah bagi kita bahwa memang Indonesia adalah salah satu tujuan destinasi terbaik untuk dikunjungi. Ada banyak sekali pilihan wisata alam yang dapat di explore oleh para wisatawan. Keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia juga beragam untuk dipelajari, ditambah lagi keunikan lokal yang ada di Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

 Tugas UTS untuk mata kuliah Isu Bisnis Internasional : Buatlah ringkasan tentang materi yang saudara presentasikan di kelas dalam maksimal 200 kata dengan dikaitkan dengan isu bisnis internasional terkini. Nama kelompok : - Anastasya Salsabila A (2018011018) - Dinda Ayu Hapsari (2018011027) Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya   Isu yang kami angkat adalah “Pengaruh faktor kebudayaan terhadap penerapan strategi memulai pelaksanaan bisnis internasional”. Setiap negara tentu memiliki budaya berkomunikasi dan sopan santun sehari-hari yang berbeda. Dalam kaitannya dengan bisnis internasional hal ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan pengusaha asing yang ingin berbisnis dinegara lain yang sering kali berbeda konsep, waktu, ruang dan tata caranya. Norma dan perilaku bisnis juga berlainan dari satu negara ke negara lain, berikut adalah contoh perbedaan perilaku bisnis di negara lain : Pengusaha arab biasa melakukan pembicaraan bisnis dengan rekan